Teknik Belajar


Hm…

Ini mungkin bukan tentang ekonomi. Tapi belajar tentang sesuatu dimulai dari sini.

Dibuat oleh berbagikomeng  loncadrunbutton pada salah satu forum terkenal loncadrunbutton

Lihat text berikut ini secara singkat saja, dan langsung ke bawahnya.

1. Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset dari pada membaca buku.
2. Jika saya mengerjakan sesuatu saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.
3. Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan pelajaran.
4. Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi.
5. Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku.
6. Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan dimanapun saya berada.
7. Saya suka menulis surat atau jurnal.
8. Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, “Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus”.
9. Ruangan, meja, mobil atau rumah saya biasanya berantakan atau tidak teratur.
10. Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya.
11. Saya tahu hampir semua kata- kata dari lagu yang saya dengar.
12. Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakana dalam pikiran saya.
13. Saya suka olah raga dan saya rasa saya adalah olahragawan yang baik.
14. Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon.
15. Tanpa musik hidup amat membosankan.
16. Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja.
17. Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisinya obyek itu diputar atau dirubah.
18. Saya biasanya mengatakan, “ Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal ini”.
19. Saat mengingat suatu pengalaman saya seringkali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya.
20. Saat mengingat suatu pengalaman saya seringkali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai penglaman itu.
21. Saat saya mengingat suatu pengalaman, saya seringkali ingat bagaimana perasaan saya pada pengalaman itu.
22. Saya lebih suka musik daripada seni lukis.
23. Saya seringkali mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan.
24. Saya lebih suka melakukan contoh peragaan daripada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian.
25. Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita.
26. Saya biasanya berbicara dengan perlahan.
27. Saya lebih suka berbicara daripada menulis.
28. Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi.
29. Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca.
30. Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya,
31. Saya lebih suka mengeja dan saya pikir saya pintar mengeja kata- kata.
32. Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat saya sedang menonton televisi.
33. Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan pada saya.
34. Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang.
35. Saya lebih mudah belajar dengan mempraktekkan atau melakukan.
36. Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama.

Langkah kedua.

Lingkarilah angka berikut ini sesuai dengan pernyataan di atas yang telah anda pilih. Jumlahkan total untuk setiap kategori. Semakin tinggi angka kategori tertentu berarti semakin suka anda menggunakan gaya belajar itu.

Gaya Belajar Visual Total
2 3 6 7 12 17 19 23 25 30 31 33 ——

Gaya Belajar Auditori
1 4 8 11 14 15 16 20 22 27 32 34 ——

Gaya Belajar Kinestetik
5 9 10 13 18 21 24 26 28 29 35 36 ——

Langkah ketiga.

mindmap

Bagi Pembelajar Visual
– Membuat Mind Mapping loncadrunbutton
– Buatlah Sketsa berupa gambar/ diagram dari materi yang sudah dipelajari
– Highlighting ( Memberikan warna pada bagian tekas yang penting )
– Gunakan imajinasi visual pikiran saat mencermati materi yang sedang dipelajari
– Mencatat dengan pena berwarna- warni

Bagi Pembelajar Auditori
– Saat menghafal, suarakan materi tersebut dalam suara yang keras.
– Gunakan kaset rekaman saat guru menerangkan di kelas sehingga di rumah dapat diputar dan dipelajari kembali.
– Sering berdiskusi/tanya jawab dengan guru atau teman
– Konsentrasi dengan penjelasan guru saat berada di dalam kelas, karena pembelajaran ini cocok dengan metode ceramah.
– Buatlah kelompok belajar.

Bagi Pembelajar Kinestetik
– Buatlah Mind Maping
– Highlighting (memberikan warna pada bagian yang dianggap penting)
– Peragakan/ praktekkan materi yang sedang dipelajari
– Menonton video/ film yangs sesuai dengan materi pelajaran di sekolah seperti peristiwa sejarah, proses terjadinya gunung api, kehidupan binatang dan tumbuhan, dll.