Music Evolution


Musik sepanjang yang kita tahu dimulai dari alat-alat yang beredar di masyarakat. Jadi musik yang berkembang dimulai dari  musik individu, suku, kelompok/group, masyarakat, kemudian bangsa. Kemudian kita persingkat saja dimana akhirnya alat musik yang mudah dan populer adalah musik band. Tentu saja perkembangan ini sudah terlihat di kawasan group. Jadi bisa dibilang awal musik adalah underground. Oh iya, kita akan membicarakan musik yang lebih diterima oleh masyarakat, efek atau turunannya.

Underground berkembang dimulai dari sesuatu yang simpel dan menyuarakan hati. Banyak yang bilang awalnya dari Blues karena musik dulunya agak sendu.

John Lee Hooker at the Long Beach Blues Festival
John Lee Hooker at the Long Beach Blues Festival (Photo credit: Wikipedia)

Kemudian nada sendu ini menjadi sesuatu yang fenomenal dan popular. Nada yang popular ini disingkat dan didengungkan sebagai POP.

POP tidak lagi menjadi sesuatu yang sendu tapi lebih dinamis. Aliran yang begitu kuat dan menjadi barometer dasar banyak kalangan musisi. Meski pop bisa dinamis, tapi pop dikategorikan sesuatu yang lambat, cengeng,

tidak keras, terlalu fleksibel.

English: Taiwanese pop/rock singer Faith Yang(楊乃文)
English: Taiwanese pop/rock singer Faith Yang(楊乃文) (Photo credit: Wikipedia)

Kembali lagi underground dari sisi blues mengembangkan lengkingan yang lebih

tajam. Kemudian mereka memakai distorsi dan efek. Distorsi inilah yang membuat banyak orang bergoyang atau nge-Rock dimana Rock dalam arti bahasa inggris adalah goyang. Meskipun pop juga bergoyang tapi rock dirasa lebih mewakili dan mengguncang. Sehingga bisa dibilang rock

mendapat influensi besar dari pop dan blues. Tapi karena sifatnya yang bertolak belakang dengan POP, ROCK kemudian menjadi sesuatu yang berlawanan dengan POP sendiri. Yang akhirnya banyak pihak mengakui Pop dan Rock adalah dua aliran paling berpengaruh dan paling dasar dari sebuah musik.

Stranger! SAY something here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s