Sempit

on

Sudah kewajiban seorang muslim untuk berdakwah. Menyampaikan kebenaran dengan bahasa yang baik. Kalau dia tidak bisa memakai bahasa yang baik, alangkah baiknya dia diam. 
Seringkali pula Rasul dan Anbiya menemui rintangan dalam hidup berdakwah. Banyak yang tidak percaya dengan apa yang disampaikan bahkan dilakukan nabi. Walaupun pada akhirnya mereka diberi nikmat hidayah oleh Allah, sebagian dari mereka yang menentang. 

Tak pelak, umatnya Rasul lebih berat memahami situasi dunia selepas kepergian beliau. Bahkan mungkin itu juga berlaku untuk gw. Gw mungkin gak ada hubungannya dengan rasul atau tidak ada kaitannya dengan dakwah dalam kisah ini. Tapi benang merahnya adalah berkata benar dan baik. 

Gw masih mengingat perginya orang-orang yang tidak sepemahaman dengan gw. Ada yang dengan frontal, atau ada yang diam-diam. Latest and redundant case would be some Deja Vu Pal. Ambil contoh anggota DPR partai A, B, dan C sedang bersidang membahas studi banding. A mengusulkan untuk studi banding ke Panama dengan pesawat tempur belajar dan membantu mendamaikan situasi perang. Si B tidak setuju karena A saat diajak untuk lihat lapangan dia menolak. Kemudian C coba menyelesaikan perbedaan itu. Yang didapat malah A berkilah dengan membelokkan arah perbincangan. Meskipun arah belokannya adalah kebenaran, A keluar secara implisit dari topik. 

Sempit, pemikiran seperti itu sempit. Karena merasa dirinya benar. Dan meskipun dijelaskan dengan perlahan-lahan dan berkali-kali ada orang seperti itu yang akan terus berkilah. Karena dia takut akan kekalahan. Orang yang tidak siap akan perbedaan. Kalau loe ketemu orang seperti itu, akhirilah perbincanganmu secara cepat dan baik-baik. Karena perdebatan itu adalah sia-sia. Dan selayaknya gw yang memilih untuk mengurangi interaksi secara drastis bila bertemu orang seperti itu. Karena, percuma. Sempit, itu sempit. 

Stranger! SAY something here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s