Essay


Di sekolah seringkali terdapat soal ujian dengan pertanyaan mudah, essay. Dan entah kenapa murid bisa memiliki interpretasi lain dengan jawaban dia yang panjang dan terlihat begitu meyakinkan, walau akhirnya guru menyatakan itu salah.

Misal:

Soal:

Jumat Pagi Budi pergi ke toko Pak Mamat untuk membeli buku. Budi melihat ada buku tulis besar Rp 2,000 sebanyak 15 unit dan buku tulis kecil Rp 3,000 sebanyak 2 unit. Budi tidak memiliki uang yang dibutuhkan sehingga dia kembali di hari minggu. Di hari minggu ternyata toko Pak Mamat kekurangan 2 unit stock buku besar, Pak Mamat akhirnya menyarankan pergi ke toko sebelah Pak Sandi. Ini karena Budi ingin membeli buku tulis sejumlah 15 unit buku tulis besar. Budi pun bertanya pada Pak Mamat, kemanakah buku tulis besar 2 unit itu?

Jawaban:

Pak Mamat di hari kamis  meminjamkan buku tulis besar itu kepada tukang sate sebagai alat kipasnya sejumlah 2 unit. Karena buku tersebut tersambar api maka buku tersebut menjadi kecil dan dikembalikan oleh tukang sate sebagai 2 buku tulis kecil. Dan akhirnya saat Budi ingin membeli di hari minggu, Pak Mamat hanya memiliki 13 buku tulis besar dan 2 buku tulis kecil.

 

Guru pun berpikir, jawaban anak ini sungguh imajinatif sekali. Super sekali.Intros-03Tongkos.png

 

Stranger! SAY something here!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s